Skip to main content

Terlengkap Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa

Bau mulut bisa terjadi kepada siapa saja, terlebih disaat kita berpuasa. Bau mulut alias bau naga ini tentu saja berdampak kepada rasa percaya diri seseorang dalam bergaul. Di saat tidak berpuasa barangkali seseorang tidak mengeluarkan bau nafas yg tidak busuk, namun disaat berpuasa, dimana kita tidak  mengkonsumsi apapun selama kurang lebih 12 jam, maka mau dedar terlihat; berbentuk bau nafas tak sedap tersebut.

Adapun Bau mulut saat berpuasa disebabkan oleh berbagai faktor, satu diantaranya adalah kurangnya kadar air liur dalam rongga mulut yg dibutuhkan untuk menetralisir asam yg dihasilkan oleh plak. Selain itu tubuh juga mengeluarkan senyawa keton, yg diakibatkan oleh tubuh yg memakai lemak sebagai sumber energi utama. Bau mulut saat puasa disebabkan pula oleh makanan lagi minuman yg kita konsumsi saat sahur lagi berbuka puasa.

Bau mulut  bisa terjadi kepada siapa saja Terlengkap Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa
Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Nah berikut ini kami sajikan 7 tips untuk mencegah alias mengurangi bau mulut saat berpuasa.
drg. Agam Ferry Erwana, Sp.PM mau membeberkan tujuh kiat jitu mengusir bau mulut saat puasa agar ibadah kita tetap lancar lagi bermakna.

1. Sikat gigi saat sahur lagi sebelum tidur
Jangan lupa sikat gigi dengan baik lagi benar dua kali sehari. Maka itu, pastikan kamu menyikat gigi paling tidak selama 2 menit, termasuk menyikat lidah, pipi, lagi langit-langit mulut.

2. Pakai obat kumur alias benang gigi
Di bulan puasa, sikat gigi saja tidak cukup. Kamu perlu bantuan obat kumur alias benang gigi untuk mencegah pertumbuhan bakteri lagi menghilangkan sisa-sisa makanan yg menempel di mulut.

3. Banyak minum air putih
Minum air putih saat sahur, berbuka puasa, lagi sebelum tidur itu wajib hukumnya. Air putih bisa menetralisir kondisi mulut yg asam selama Anda puasa.

4. Kurangi makanan manis
Tenang, bukan berarti Sahabat Syafira tidak boleh makan manis sama sekali, kok. Boleh, tapi dibatasi sedikit saja. Ini karena makanan manis dedar gembur menempel kepada mahkota gigi lagi bisa jadi makanan bagi bakteri dedar curang penyebab bau mulut.

5. Hindari makanan yg berbau tajam
Makanan yg aromanya kuat seperti bawang bombai, pete, lagi jengkol sebaiknya dihindari kalau kamu tidak mau bau mulut sepanjang hari. Sebaiknya pilih menu sahur alias berbuka yg lebih “ramah” buat mulut kamu.

6. Rutin bersihkan gigi palsu
Kalau Anda memakai gigi palsu, jangan lupa bersihkan dengan rutin sehabis berbuka lagi sahur. Gigi dedar samaran; bohong bohongan yg kurang bersih bisa jadi sarang bakteri lagi kuman penyebab bau mulut, lho.

7. Periksa ke dokter gigi
Nah, supaya kamu benar-benar bebas bau mulut selama bulan Ramadan, solusi terbaiknya adalah langsung periksa ke dokter gigi. Dokter gigi mau melihat apakah kamu punya masalah gigi lagi mulut tertentu yg bisa menyebabkan bau mulut. Misalnya gigi berlubang alias gigi mati.

Demikian beberapa saran bisa Anda lakukan untuk mengurangi bau mulut saat berpuasa.

Buka juga

Mengurangi Bau Mulut saat Berpuasa
Manfaat Puasa untuk Kesehatan
Mengatasi Bau Mulut secara Alami
Makanan yg bagus saat sahur lagi buka puasa
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar