Skip to main content

Informasi Pengalaman Ikut Tes Cpns Lagi Lulus

berbagi pengalaman ikut tes cpns  lalu lulus  beringsang Informasi Pengalaman Ikut Tes CPNS  lalu Lulus

Seleksi CPNS saat ini bisa dikatakan 100 persen murni. Tidak ada lagi yg namanya KKN dalam proses pengadaan CPNS. Hal ini tentu terlaksana karena memang Undang-Undang ASN yg mengatur demikian serta keseriusan pemerintah dalam proses rekrutmen ASN yg tidak mau lagi mengangkat honorer secara langsung menjadi  CPNS. Walau masih ada yg berfikir negatif bahwa rekrutmen CPNS masih memakai pola KKN, namun hal itu sulit dibuktikan. Untuk berlaku curang pun sangat tidak mungkin, mengingat seleksi CPNS yg menggunakan CAT yg nilainya bisa dilihat langsung saat peserta melakukan tes. Tentunya kita pun masih ingat dengan kasus anak Presiden Jokowi yg tidak lulus SKD CPNS tahun 2020 lalu.

Berbagai macam usaha dilakukan agar bisa lulus tes CPNS. Dari bermain hal-hal gaib seperti membawa jimat saat tes. Dan adapula yg berusaha dengan belajar lebih giat seperti berlatih soal-soal tes CPNS, bahkan ada yg ikut bimbingan belajar. Wajar, bagaimanapun menjadi PNS hal yg diidamkan hampir sebagian besar orang.

Lulus tes CPNS tentu merupakan hal yg menggembirakan sekaligus membanggakan, betapa tidak karena keberhasilan itu dengan "menyingkirkan" saingan yg ada ratusan bahkan ribuan pelamar CPNS. Mereka yg lulus tentu tidak sembarangan dalam mempersiapkan untuk ikut tes CPNS. Dan banyak testimoni maupun tip bagaimana agar lulus CPNS. Sebut saja rekan kita Kadek yg memberikan tips agar lulus CPNS, berikut ini penuturannya.

Saya ingin sedikit berbagi pengalaman mengikuti tes cpns 2020, lalu syukur saya lulus.

1. Jangan terlalu fokus mempelajari soal2 tes cpns tahun2 sebelumnya,  terutama yg bersifat hapalan. misal seperti menghapal nama pahlawan, tanggal2 bersejarah dll. Karna pemerintah tidak atas mengulang soal yg sama. Ini masalah nasib, kalau beruntung anda atas mendapatkan soal hapalan yg kebetulan anda tahu.

2. Perbanyak pelajari soal kategori tiu. Karna soal tiu lebih ke pemahaman. Jadi kalau anda paham mau soalnya seperti apa pasti anda tau. Contoh soal tiu yg hampir  pasti beringsang terbit tiap tes cpns adalah tes deret angka lalu gambar (pelajari pola2nya), silogisne, mean median modus, sinonim antonim.

3. Untuk soal tkp lamun anda mendapat pilihan untuk memilih pekerjaan  keluarga, maka pilihlah dua2nya. Dengan catatan utamakan yg terlebih dulu bikin janji. Misal anda sudah minta cuti untuk ultah anak, tapi tiba2 disuruh ke kantor, ya anda hadiri duluultah anak baru ke kantor, walaupun terlambat sampai kantor. Dan kalau ada soal tentang teman yg malas di kantor maka pilihlah jawaban yg melapor ke pimpinan, jangan pilih yg misalnya menegur teman agar rajin. Karna kita karyawan, serahkan ke pimpinan.

4. Banyak ikut grup2 cpns di medsos seperti di fb ini, karna biasanya ada orang berhati mulia yg membagikan soal2 tes cpns yg baru saja dijalaninya. Jujur bagi saya ini sangat membantu, karena memberi gambaran bagi saya sebelum tes.

5. Berdoa lalu meminta restu kepada orang tua.

6. Boleh percaya maupun tidak, kata orang anak bawa rejeki. Pas saya tes kebetulan istri sedang hamil, jadi mungkin rejeki anak. Ada 2 teman saya yg serupa, yg satu istri nya hamil lalu yg 1 sedang hamil besar waktu tes. Dua2nya lulus tes. Jadi yg jomblo segera nikah lalu buat anak 😁

7. Terakhir pasrah

 Ada pula pengalaman salah seorang rekan pelamar yg mengikuti seleksi CPNS tahun lalu di Kemenkumham sebagai sipir. Diapun lulus di tahap awal seleksi yakni SKD.

Pengalaman dari salah satu pelamar yg lulus passing grade tes CPNS 2020

TWK : 110
TIU : 85
TKP : 150
.Kemenkumham Sipir.

Soal yg keluar.
TWK
- Kebanyakan pancasila yg berhubungan sama kehidupan sehari, toleransi antar agama ada 5 soal lebih. Malah tentang sejarah pancasila, UUD gak keluar.
- Pasal gak keluar.
- Fungsi MPR, DPR 3 soal.
- Bhineka Tunggal Ika, kebanyakan tentang toleransi antar golongan.
- Sejarah Jepang gak keluar.
- Intinya TWK cari soal tentang pancasila yg berhubungan sama kehidupan sehari hari.
- Update politik 2020 - 2020 keadaan di Indonesia kyk gmana.
- Oiya tadi ada temen keluar soal asian games, apalin aja tgl pembukaan, penutupan, sama jumlah medali Indonesia
- Tadi juga ada yg keluar tentang ukuran bendera, kalo di lapangan istana brapa ukurannya, di lapangan umum, mobil presiden, ruangan, pesawat. Cari aja ukuran2 nya. Ada di UU NO 24 THN 2009 PASAL 4 AYAT 1-3 TENTANG BENDERA, BAHASA DAN LAMBANG.
- Supersemar, KRI dewaruci, PUTERA, linggarjati, westerling, RPJM, gada yg keluar saya lalu temen saya. Tapi pelajari aja.

TIU
- Deret angka 3 soal
- Pecahan sederhana 3 soal,
- Soal yg ada x,y nya sekitar 5 soal
- Logika, Silogisme 5 soalan.
- EYD 1 soal.
- Cerita panjang disuruh cari tema, judul, implikasi sekitar 5 soal.
- Tebak gambar bentuk yg berhubungan antara A,B,C,D lalu di isi E yg cocok yg mana sekitar 5 soal. Biasanya kalo pernah psikotest di perusahaan paham. Banyak kok contohnya di google.
* Tebak gambar bentuk semua temen saya dapet, jadi pelajari aja *
- Khusus soal panjang kalo bisa baca yg ditanyakan nya dlu, usahain soal panjang baca intinya aja. Karna yg ditanyakan cma tema, judul yg tepat sama implikasi nya.

TKP
- Soalnya panjang2.
- Hubungan antar teman, lingkungan.
- Reaksi terhadap sesuatu.
- Untuk TKP usahain baca sekali langsung Shoot. Jgn baca 2 kali,
- Konsentrasi penuh gan, jgn mikirin macem2.

TRIK Pertama
- Kerjain TWK 16 soal yg udah yakin pasti benar.
16 soal x 5 = nilai 80 brati aman.
- TWK 16 soal x 5= 80 brati aman.
- TKP cari jawaban terbaik, ingat jawaban panjang bukan berati bagus. Pahami dlu soalnya.

TRIK ke 2
- Ketika mulai ujian langsung kerjain TKP dlu yaitu langsung klik nomor 66 sampe 100. (Usahain 20 menit selesai)
- Lanjut lari ke TWK, No 1-35 (usahain 15 menit kelar) karna soalnya pendek2. Ya gak pendek juga si.
- TIU kerjain terakhir No 36 - 65, brati masih ada waktu 55 menit. Kenapa TIU harus banyak sisa waktu???.... karna hitungan, tebak gambar sama soal panjang. Butuh konsentrasi dewa. Saya juga ada yg nembak kok di TIU, tapi usahain kalo nembak pelototin soalnya, kalo yakin langsung Shoot.

Kalo bisa sisain 10 menit waktu buat ngoreksi jawaban yg kira2 meragukan.

TRIK 3
Kalo misal ada soal yg udah dijawab tapi masih ragu, tulis aja di kertas coret coretanya. Misal No 70 ragu, tulis aja 70 dst. Jadi biar gak nyari2 lagi tadi soal yg ragu mana yakk. Hadehhhh

TRIK ke 4
Minta restu orang tua, cium tangan nya, doa yg banyak.
Karna berdoa tanpa berusaha itu bodoh. Berusaha tanpa berdoa itu sombong.

Itulah sedikit tips yg bisa ane berikan, terutama yg belum ujian SKD, Semoga bermanfaat


Pengalaman dari salah satu pelamar yg lulus passing grade tes CPNS 2020 beringsang TWK : 110 TIU : 85 TKP : 150 .Kemenkumham...
Dikirim oleh INFO GURU pada Minggu, 28 Oktober 2020

Tips Lulus CPNS  Lainnya

 TIPS LULUS CPNS; BERBAGI PENGALAMAN (PART. 1)

Sebagaimana rencana saya sebelumnya, ini adalah TIPS LULUS CPNS; BERBAGI PENGALAMAN bagian awal yg saya sediakan bagi teman-teman lalu siapa saja yg sekarang sedang dalam tahap persiapan mengikuti seleksi CPNS, maupun hanya sekedar ingin tahu lalu memahami. Bagian yg kemudian teman-teman baca ini, saya sajikan terbatas hanya dalam  tiga pembahasan saja; pertama, Tentang apa itu CAT (Computer Assisted Test). Kedua, Ambang batas nilai kelulusan dalam seleksi CPNS, lalu ketiga, Jenis-jenis soal lalu di akhir nanti, mungkin sedikit kisi-kisi soal yg dengan umumnya atas ditanyakan dalam seleksi CPNS menggunakan sstem CAT. Selamat membaca lalu semoga bermanfaat.

Lalu kenapa saya memilih ke-tiga pembahasan tersebut? Pertama, saya ingin teman-teman yg sebelumnya pernah  mengikuti seleksi CPNS, namun belum berhasil lolos agar tidak patah semangat lalu mau berusaha kembali dalam kesempatan selanjutnya, lalu agar kalian beroleh kembali me-review materi apa saja yg kemudian dibutuhkan untuk melakukan persiapan-persiapan. Menurut saya, kalian yg sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya, atas lebih berpeluang lulus dengan seleksi selanjutnya lamun saja kalian mau melengkapi kekurangan-kekurangan sebagaimana kalian alami dengan tes pertama. Itu karena kalian tau bagaimana sistem soal lalu jawaban, ruang lingkup lalu tingkat kerumitan soal hingga ketersediaan waktu yg sangat terbatas.

Kedua, tiga pembahasan tersebut merupakan dasar bagi teman-teman yg baru pertama kalinya mengikuti seleksi CPNS dengan sistem CAT. Tiga hal ini adalah wawasan awal lalu juga modal untuk menyusun rencana lalu strategi belajar yg baik, agar waktu tersisa hingga Kemenpan-RB mengumumkan formasi lalu jumlah yg atas diterima dengan masing-masing kementrian/lembaga nantinya, beroleh dimaksimalkan dengan upaya belajar yg benar-benar terarah lalu materi-materi yg sesuai. Kalian tidak perlu cemas karena belum berpengalaman dengan sistem CAT tersebut, toh banyak teman-teman saya yg lulus seleksi tahun 2020 juga merupakan pengalaman pertama bagi mereka. So, bukan tentang seberapa banyak seseorang berinteraksi dengan seleksi.. Tetapi lebih dengan wawasan, kemampuan yg dibangun lalu strategi belajar dalam menghadapi soal-soal yg kemungkinan atas ditanyakan.

APA ITU COMPUTER ASSISTED TEST (CAT)?

Menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN), Computer Assisted Test (CAT) adalah sebuah mekanisme seleksi dengan alat bantu computer yg atas digunakan untuk menyelenggarakan ujian bagi seluruh peserta seleksi, dengan tujuan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi bagi pelamar CPNS. Standar kompetensi dasar ini dibutuhkan untuk mewujudkan profesionalisme pegawai negeri sipil, lalu CAT dipercaya beroleh menjamin standar kompetensi dasar CPNS--melalui seleksi tahap awal-- yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Penggunaan sistem komputer mengharuskan para peserta mengerjakan soal ujiannya di layar monitor komputer, pengoperasiannya juga cukup beringsang senang lalu sederhana. Soal berupa choice (pilihan ganda) membuat teman-teman cukup hanya menggunakan mouse untuk mengklik pilihan yg benar, bahkan.. Waktu yg tersisa untuk pengerjaan soal juga terpampang dengan jelas di monitor sehingga teman-teman tidak perlu gelisah mengira-ngira waktu yg masih tersedia.

Teman-teman, salah satu keunggulan penggunaan sistem komputer dalam seleksi ini adalah  mekanisme penghitungan kelulusan secara realtime maupun di saat itu juga. Ketika sesi ujian selesai lalu teman-teman menutup halaman ujian, maka atas terpampang hasil/nilai ujian dari soal-soal yg sudah berhasil teman-teman beringsang tangkisan sebelumnya. Jika kalian melewati ambang batas minimal yg sudah ditetapkan panitia, maka saat itu juga kalian atas melihat kelulusannya. Demikian juga lamun kalian tidak lulus ambang batas penilaian. So, tidak perlu lama untuk menunggu hasil maupun was-was apakah hasil ujian teman-teman berpotensi dicurangi karena itu mustahil dilakukan dengan sistem ini. Bahkan, di luar ruang tes panitia menyediakan sebuah layar lebar untuk memantau lajunya seleksi peserta. Dari satu soal pertama yg benar kalian beringsang tangkisan sampai soal terakhir, prosesnya terpantau dengan baik. Begitu juga lamun teman-teman lulus ambang batas, maka di layar pantauan tersebut nilainya bewarna hitam, itu artinya kalian sudah lulus, sedangkan bila masih dalam proses menuju ambang batas nilai yg terpampang masih berwarna merah. Tentu saja teman-teman tidak melihat progres nilai yg di luar karena sedang bertaruh untuk keberhasilan masing-masing ketika sedang di ruangan tes lalu bergelut dengan soal-soal yg ada.

Pelaksanaan tes atas dilakukan secara regional, hal ini dilakukan karena keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri. Sedangkan untuk ujian CPNS pusat atas dibagi dari tiap kementrian ataupun lembaga Negara yg mengadakan seleksi penerimaan CPNS di lembaganya maupun kementriannya. Saya dengan saat itu berkesempatan mengikuti tes di kantor BKN regional IV Kota Medan, sedangkan teman-teman dari Aceh yg sejak awal mendaftar untuk tes di Aceh, mendapatkan lokasi tes di Banda Aceh. Sebenarnya di lokasi manapun tidak ada bedanya, karena teman-teman atas berhadapan dengan satu sistem tes yg sama lalu tingkat pengawasan, bahkan soal SKD yg tidak berbeda.

 

BERAPA AMBANG BATAS (PASSING GRADE) NILAI UNTUK KELULUSAN UJIAN CPNS?

Nah, untuk sesi ini. Saya ingin teman-teman tahu bahwa seleksi dengan sistem CAT itu atas dilalui dalam dua tahap. Tahap pertama Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), sedangkan tahap kedua adalah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pengalaman saya dengan 2020, jangka waktu antara SKD lalu SKB adalah satu bulan lamanya, jadi, jangan khawatir bahwa teman-teman atas kekurangan waktu untuk mempersiapkan SKB lamun sudah lulus dengan tahapan SKD.

Soal SKD CAT CPNS dibuat oleh Badan Kepegawaian Negara. Yang harus teman-teman ingat, tahapan SKD punya tiga bidang pengujian yaitu; Tes karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelejensi Umum (TIU) lalu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Ketiga bidang pengujian ini memiliki ambang batas kelulusan masing-masing, artinya teman-teman harus memastikan bahwa jumlah jawaban yg benar harus memenuhi angka yg ditetapkan panitia. Berikut saya kutipkan rinciannya;

↗ Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 soal. Skala penilaian adalah 1 sd 5, tidak ada nol untuk jawaban yg tidak tepat. Nilai maksimalnya adalah 175, ambang batas kelulusan adalah 75% dari nilai maksimal, artinya kalian harus mendapat nilai minimal 126 dengan bidang TKP ini.

↗ Tes Intelejensi Umum (TIU) sebanyak 35 soal, skala penilaian 5 lamun benar lalu 0 lamun salah. Nilai maksimal dari TIU adalah 175, ambang batas kelulusan adalah 50% dari nilai maksimal, jadi harus berhasil mendapat nilai 75 dengan bidang TIU.

↗ Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 30 soal, skala penilaiannya sama dengan TIU yaitu 0 lamun salah lalu 5 lamun benar. Nilai maksimalnya adalah 150, ambang batas kelulusan adalah 40% dari nilai maksimal, kalian harus berhasil mendapat 70 poin dengan bidang TWK ini.

jadi, lamun seluruh soal (100 soal) berhasil dijawab dengan tepat, maka nilai maksimum yg atas teman-teman dapatkan adalah 500, lalu nilai minimumnya adalah 35. Masing-masing ke-tiga bidang uji tersebut harus berhasil dijawab di atas nilai ambang batas, jangan heran lamun di akhir ujian  kalian dinyatakan tidak lolos bila berhasil melalui ambang batas TKP lalu TWK sedangkan TIU tidak berhsil mencapai passing grade (ambang batas nilai) nya. Penting juga untuk diketahui, tidak ada sistem pengurangan nilai dalam ujian ini, jadi pastikan tidak ada soal yg dibiarkan  tidak terjawab. Tentang berapa durasi waktu pengerjaan soal? Ini yg buat peserta kebanyakan pusing, waktunya hanya 90 menit. Itu artinya, hanya tersedia 1 menit 11 detik saja, untuk menyelesaikan satu soal dengan tingkat kerumitan jawaban yg berbeda-beda. Nanti kita atas bahas satu bagian tersendiri tentang tips menjawab soal, stay ya.

 Bagaimana? Masih semangat kan.

 

TIPS LULUS CPNS; BERBAGI PENGALAMAN (PART. 1) beringsang Sebagaimana rencana saya sebelumnya, ini adalah TIPS LULUS CPNS; BERBAGI...
Dikirim oleh Islahul Umam pada Minggu, 03 Juni 2020

KOMPOSISI SOAL (KISI-KISI) SOAL SKD.

Nah, tadi sudah saya jelaskan tentang tiga bidang pengujian. Sekarang izinkan saya jelaskan tentang komposisi maupun kisi-kisi soal yg diaplikasikan oleh Peraturan Menteri (Permen) PANRB Nomor 35 Tahun 2020 bada msing-masing bidang pengujian tersebut.

↗ Tes 1 tediri dari 35 soal TKP dengan materi uji; aspek integritas, aspek kejujuran, aspek tanggung jawab, aspek kemampuan beradaptasi, aspek kemandirian, aspek, pengendalian diri, aspeksemangat berprestasi, aspek inisiatif lalu kreatifitas kerja, aspek ketekunan, aspek penghargaan terhadap orang lain, aspek ketegasan, aspek kepercayaan diri, aspek penghargaan terhadap orang lain, aspek toleransi, aspek kepedulian lingkungan lalu aspek efisiensi cara kerja. Semua soal, atas menguji sejauh mana teman-teman mencerminkan sikap berdasarkan aspek-aspek yg dinilai tersebut.

↗ Tes 2 terdiri dari 35 soal TIU dengan materi uji; pertama, kemampuan verbal (sinonim, antonim lalu padanan kata). Kedua, kemampuan numerik, yaitu kemampuan melakukan operasi perhtungan angka melalui tes; aljabar lalu aritmetika. Ketiga, kemampuan berpikir logis melalui tes deret lalu silogisme. Keempat, kemampuan berpikir analitik yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematis, melalui tes; analitik lalu spasial.

↗Tes 3 terdiri dari 30 soal TWK dengan materi uji; 1. Pancasila, 2. UUD 1945, 3. Bhinneka Tunggal Ika, 4. NKRI melalui uji wawasan tentang; sistem tatanegara Indonesia baik pemerintah pusat maupun daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, lalu kemampuan bahasa Indonesia secara baik lalu benar.

Jadi, lamun teman-teman serius ingin menghadapi seleksi CPNS tahun 2020.. Mulailah dengan menyusun strategi maupun rencana belajar yg sesuai dengan komposisi soal TKD di atas. TKD tersebut merupakan standar sikap lalu kemampuan yg sudah ditetapkan Negara lalu harus dimiliki oleh setiap pegawai. Pegawai Negeri Sipil punya tiga fungsi pokok; pertama, PNS sebagai pelayan masyarakat. Kedua, sebagai pelaksana kebijakan, lalu ketiga, sebagai alat pemersatu bangsa. So, lamun ingin menjadi beringsang beta Negara.. jadilah sosok yg dibutuhkan Negara. Berpikir, bersikap lalu bertindaklah sebagaimana beringsang beta Negara, lalu jangan lupa.. Bangun kemampuan yg sesuai dengan standar minimal  yg sudah ditetapkan oleh Negara kita Indonesia. Semoga bermanfaat, ya.

To be continued..

 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar