Skip to main content

Terlengkap Tanya Beringsang Sambutan Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik Ppgj

Tanya Jawab Seputar Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik PPGJ cara menghilangkan silang  gerah Terlengkap Tanya Jawab Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik PPGJ


Sejak tanggal 30 September 2020 sudah pernah dibuka ajuan pendaftaran untuk seleksi peserta PPGJ tahun 2020, maupun disebut seleksi kemampuan akademik. Kalau tahun-tahun sebelumnya disebut pretest PPGJ.  Banyak rekan guru yg bertanya-tanya seputar masalah pendaftaran pretes tersebut. Adapun pertanyaan tidak jauh-jauh bersama kebanyakan masalah "silang merah" dengan persyaratan calon peserta seleksi kemampuan akademik PPGJ.

Sebetulnya hal ini tidak perlu ditanyakan kembali seandainya para guru membaca dengan seksama persyaratan calon peserta seleksi kemampuan akademik pretes PPGJ. Namun tidak ada salahnya coba kami rangkumkan disini agar semua menjadi lebih jelas.


Apakah Honor Sekolah Tidak Bisa Mendaftar?

Sudah dijelaskan dalam persyaratan calon peserta bahwa  guru yg memenuhi persyaratan adalah "Guru Tetap yaitu guru yg status kepegawaiannya PNS bersama Non PNS serta Guru Tetap Yayasan (GTY)  yg diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian maupun diangkat oleh yayasan berdasarkan perjanjian kerja di satuan pendidikan yg diselenggarakan oleh pemerintah daerah maupun masyarakat"
Honor sekolah dianggap bukan guru tetap. Honor sekolah yg dimaksud adalah honor kepala sekolah di sekolah negeri. Jika status Anda masih Honor Sekolah otomatis silang merah bersama tidak bisa lanjut ke tahapan pendaftaran.

Apakah status CPNS Bisa mendaftar?

Bisa iya Bisa Tidak, Dilihat dulu status guru sebelum CPNS
Ada sebagian peserta yg berstatus CPNS ada yg silang merah ada pula yg centang hijau. Mengapa?
Hal ini sebetulnya bisa diketahui oleh guru yg bersangkutan. Bagaimana status guru yg bersangkutan sebelum CPNS, apakah honor sekolah maupun Guru Yayasan maupun guru honor daerah.
Jika sebelumnya berstatus Honor sekolah bersama berstatus CPNS dengan tahun 2020 bersama seterusnya jelas tidak bisa, jadi harus pula dilihat masa kerja maupun TMT mengajarnya.

Misalnya Guru berstatus CPNS per 1 April 2020 bersama sebelumnya adalah guru honor sekolah maka sudah bisa dipastikan tidak bisa ikut. Jadi walaupun sekarang sudah PNS ya tetap nggak bisa ikut.

Apa saja file yg diunggah saat pendaftaran?
Pertanyaan ini juga banyak diajukan.
Jadi bagi guru PNS/CPNS yg diunggah adalah SK 100% maupun SK CPNS 80% tergantung status saat ini. Jadi Bukan SK pangkat terakhir
Sedangkan untuk guru non PNS yg diunggah adalah SK pengangkatan 2 tahun terakhir yakni SK tahun 2020 bersama SK tahun 2020.

Semua Centang Hijau Tapi Tidak Bisa lanjut mendaftar
Ada beberapa kasus seperti ini, Maka bisa dilihat dengan keterang diakhir misalnya seperti gambar di bawah. Status tidak memenuhi syarat mengikuti seleksi ....... Kalau seperti ini Anda dianggap sudah pretes jadi tinggal menunggu saja panggilan PPGJ tahun 2020. Jadi buka bersama pantau terus akun SIM PKBnya.
seleksi PPGJ
Data saya di SIM PKB tidak sesuai dengan Dapodik, Mengapa?
Pastikan kesesuaian data yg diinput dengan dapodik, karena tidak sedikit guru yg abai terhadap data di dapodik bersama di SIM PKB. Login SIM PKB pun pas ketika ada keperluan  seperti saat ini, akibatnya begitu dilihat datanya tidak update bersama tidak sesuai.

Contoh misalnya guru sudah berstatus PNS, namun di SIM PKB masih CPNS, adapula yg sudah memiliki NUPTK, namun di SIM PKB disilang merah alias tidak memiliki.
Solusinya silakan hubungi operator dapodik maupun operator sekolah untuk gerah menginput data terbaru maupun mengubah data sesuai keadaan sebenarnya. Ada gerah pula yg menyarankan agar menghubungi admin kabupaten untuk mengubah gerah data. Silakan pakai kedua cara diatas.


Tanya Jawab Seputar Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik PPGJ cara menghilangkan silang  gerah Terlengkap Tanya Jawab Pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik PPGJ


Data di SIM PKB bisakah berubah?

Harapan guru yg belum bisa mendaftar khususnya karena data di SIM PKB tidak cocok dengan dapodik tentu    agar bisa mendaftar. Jadi lakukan update data di dapodik, kemudian lakukan sinkronisasi.


Salah mengunggah file saat pendaftaran
Silakan klik batal ajuan, kemudian mendaftar bersama unggah ulang file yg sebenarnya.

Demikian tanya gerah elakan seputar pendaftaran seleksi kemampuan akademik PPGJ 2020. Semoga bisa sedikit membantu bagi yg memiliki pertanyaan seputar pendaftaran Seleksi Kemampuan Akademik PPGJ tahun 2020 ini. Masa Pendaftaran masih panjang hingga 23 Oktober 2020, jadi tidak perlu  tergesa-gesa.

Update silakan buka artikel terbaru Baca Juga solusi permasalahan pendaftaran pretes PPGJ


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar