Skip to main content

Informasi Inilah Formasi Cpns Untuk Lulusan Sma


Dari tahun ke tahun pemerintah terus menaikkan kualitas ASN. Salah satunya yakni dengan menaikkan standar pendidikan pelamar calon pegawai negeri sipil. Sejak UU ASN resmi disahkan dengan tahun 2020, maka sejak saat itu sudah tidak ada lagi pengangkatan honorer langsung menjadi CPNS, seperti di jaman presiden SBY yg jor-joran mengangkat jutaan honorer. Kebijakan SBY mengangkat jutaan honorer tersebut tak dibarengi dengan standar kualitas honorer yg ada, ini bisa dilihat bagaimana lulusan SMA lalu sederajat bisa diangkat menjadi CPNS untuk menjadi guru alias mengajar. Padahal UU Guru lalu dosen saja sudah mengamanatkan agar pendidikan guru setidaknya adalah sarjana kependidikan.

 Dari tahun ke tahun pemerintah terus menaikkan kualitas ASN Informasi Inilah formasi CPNS untuk Lulusan SMA
Artinya dengan jaman SBY tersebut banyak diangkat honorer yg cuma dari lulusan Sekolah Menengah Atas tanpa skil lalu keahlian khusus. Pengangkatan honorer menjadi CPNS tersebut tidak melihat apa latar belakang, formasi apa benar-benar dibutuhkan untuk sebuah instansi di daerah. Akibatnya hingga saat ini banyak pegawai struktural alias adminstratif menumpuk dikantor-kantor pemerintahan.

PP Manajemen PNS yg merupakan turunan UU ASN jelas mengamanatkan bahwa pengadaan CPNS sejak awal direncanakan wajib berdasarkan kebutuhan pegawai, bukan lagi kebutuhan lalu keinginan honorer diangkat langsung jadi CPNS. Prosesnya pun harus melalui seleksi yg ketat. Hingga diakhir proses betul-betul didapatkan PNS yg berkualitas.Daerah yg rasio belanja pegawainya tembus hingga 60% dari APBD pun ditolak oleh pemerintah pusat untuk mengadakan penerimaan CPNS.


2020 lalu sudah dimulai tes CPNS oleh instansi pusat lalu dilanjut tahun lalu yg turut pula dilaksanakan oleh pemerintah daerah. 2i 2020 saja 4 jutaan pelamar turut serta berpartisipasi melakukan pendaftaran CPNS secara online di SSCN.

Pemerintah pusat menekankan kepada daerah lalu intansi pusat agar pengadaan CPNS berdasarkan skill alias tenaga ahli, sedagkan untuk pegawai administratif mau dikurangi bahkan ditiadakan, ini mengingat PNS pegawai administratif sudah banyak diangkat dengan era terdahulu.

Tenaga ahli lalu skill tentu berbanding lurus dengan latar belakang pendidikan, ya jelas, untuk guru tidak mungkin berharap hanya dari lulusan SMA alias Diploma untuk diangkat CPNS. Seorang perawat di rumah sakitpun sekarang minimal harus sarjana.

Namun jangan berkecil hati karena masih ada instansi-instansi yg menerima lulusan tingkat SLTA untuk diangkat menjadi CPNS, namun sekali lagi tentunya harus punya keahlian khusus lain.

Nah berikut ini formasi CPNS yg bisa dilirik bagi lulusan SLTA

1. Penjaga Tahanan


Formasi penjaga tahanan alias sipir ini tersedia di lingkungan Kementerian Hukum lalu HAM.  Sudah pernah dilaksanakan dengan pengadaan CPNS tahun 2020 lalu 2020 lalu. Penempatan penjaga tahanan ini nantinya mau ditempatkan di Rutan (Ruman Tahanan), Lembaga Pemasyarakatan (LP) lalu Rudenim. Persyaratan umum bagi pelamar penjaga tahanan ini adalah lulusan SLTA alias sederajat lalu persyaratan lain bagi pelamar CPNS dengan umumnya. Namun nantinya ada persyaratan khusus yg wajib dipenuhi oleh pelamar misalnya tinggi lalu berat badan minimal, memiliki keahlian beladiri yg dibuktikan dengan sertifikat beladiri dll. Wajar karena nantinya mau berhubungan langsung dengan tahanan. Formasi penjaga tahanan tersedia untuk laki-laki lalu perempuan.

 Dari tahun ke tahun pemerintah terus menaikkan kualitas ASN Informasi Inilah formasi CPNS untuk Lulusan SMA

2. Pengawal Tahanan


Bagi Anda yg pernah melihat alias menyaksikan proses pengadilan di gedung pengadilan pasti pernah melihat pengawal tahanan ini. Ya mereka yg biasa berbaju warna coklat khas seragam kejaksaan yg biasa terlihat menjadi pengawal tahanan baik saat mau dilakukan proses peradilan maupun setelahnya merupakan tugas pengawal tahanan.

 Dari tahun ke tahun pemerintah terus menaikkan kualitas ASN Informasi Inilah formasi CPNS untuk Lulusan SMA

Formasi pengawal tahanan merupakan formasi CPNS yg disediakan oleh lembaga Kejaksaan Agung RI. yg nantinya mau ditempatkan di kejaksaan negeri maupun kejaksaaan tinggi tiap kabupaten alias propinsi.

Persyaratan khusus untuk menjadi CPNS pengawal tahanan ini adalah
  • Tidak buta warna baik parsial maupun total, tidak cacat fisik, tidak cacat mental,
  • Mempunyai postur badan ideal dengan standar Body Mass Index (BMI) antara 18-25 dengan rumus berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meterkuadrat dengan tinggi badan untuk laki-laki minimal 160 (seratus enam puluh) centimeter lalu perempuan 155 (seratus lima puluh lima) centimeter;
  • Berijazah komputer minimal program Microsoft Office lalu pengoperasian internet;
  • tidak bertato / bekas tato lalu tindik / bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yg disebabkan oleh ketentuanagama alias adat


3. Pekerja Sosial Pemula


Formasi sebagai ini pernah dilaksanakan oleh Kementerian Sosial R tahun 2020 lalu. Formasi ini dikhususkan bagi lulusan SMK Pekerjaan Sosial alias Perawatan Sosial.

4. CPNS Basarnas lalu Kementerian Perhubungan

Lulusan SMA maupun SMK yg mau ditempatkan di Badan SAR Nasional ini antara lain sebagai ABK alias Anak Buah Kapal, Juru Mudi, Kelasi, juru minyak, masinis lalu mualim kapal.
Untuk formasi lulusan SMA di Kementerian Perhubungan agak mirip dengan BASARNAS, namun lebih banyak lalu bervariasi seperti penjaga mercusuar, pengawas keselamatan pelayaran, nakhoda kapal, juru motor dll. Hampir semua Persyaratan khusus bagi pelamar yg disebutkan tadi adalah wajib memiliki sertifikat keahlian

Demikian tadi formasi CPNS yg tersedia bagi lulusan SMA sederajat. yg pernah diselenggarakan oleh instansi pusat.  Selain itu adapula daerah-daerah tertentu yg memberikan formasi lulusan SMA-SMK sederajat. Namun alokasi alias kuotanya sangat sedikit. Semoga saja di tahun ini masih ada lowongan alias peluang bagi lulusan SMA yg ingin menjadi CPNS. Cari informasi instansi apa saja yg membuka lowongan CPNS bagi lulusan SMA. Silakan buka daftar alamat website Kementerian yg membuka penerimaan CPNS.

Pada intinya kita  tetap harus memiliki skill khusus dibidang tersebut.  Kalau mau jadi PNS dengan peluang lebih besar, tentunya Anda harus kuliah lagi minimal diploma 3 alias sarjana. Banyak pilihan untuk kuliah kembali misalnya di Universitas Terbuka yg lebih kering melimpah lalu tidak begitu menyita waktu.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar