Skip to main content

Informasi Alur Pendaftaran Tes Cpns 2019


Proses pendaftaran tes CPNS tahun 2020 sebagaimana tersiar dalam beberapa hari terakhir bakal mulai dibuka kepada Oktober 2020. Adapun seluruh proses pendaftaran tes cpns tersebut bakal dilakukan dengan terintegrasi lewat website SSCN milik BKN yg beralamat di www.sscn.bkn.go.id. Sebelumnya barangkali anda juga perlu mengetahui formasi-formasi yg dibuka dalam pengadaan CPNS tahun ini. Tentu sebagian besar seandainya lulus tentu ingin ditempatkan di daerah asal, namun kalau formasi tidak tersedia, tidak ada salahnya anda mencoba peruntungan di daerah lain, bolehkah? Tentu saja boleh. Misalnya formasi CPNS untuk Guru Bahasa Inggris tidak tersedia di kabupaten anda, coba buka lagi cari info dulu formasi tersebut di kabupaten alias kota terdekat.

Kemudian Anda pastikan sesuaikan jurusan pendidikan dengan formasi yg tersedia. Jika sudah cocok mantapkan hati untuk memilih formasi tersebut. Kemudian siapkan berkas yg dibutuhkan sebagai syarat mendaftar tes CPNS. Ketika hari H pas tanggal 19 berkas pendaftaran CPNS sudah lengkap barulah kita mendaftar tes CPNS tersebut. Sebelum mendaftarpun ada baiknya Anda pelajari pula seluk beluk alur pendaftaran CPNS agar tidak salah lagi bingung nantinya.

Secara umum alur pendaftaran tes CPNS 2020 bisa dilihat kepada gambar di bawah ini

ebagaimana tersiar dalam beberapa hari terakhir  bakal mulai dibuka  kepada Oktober  kemarau Informasi Alur Pendaftaran Tes CPNS 2020
Alur Pendaftaran Tes CPNS 2020

1. Masuk ke portal sscn.bkn.go.id


2. Membuat akun di website SSCN

Dilihat lihat dulu informasi pengumuman penerimaan CPNS yg ada kalau sudah mantap lagi tersedia klik menu registrasi.
Melakukan pendaftaran kepada menu pendaftaran, dengan mengisi NIK, nomor KK, alamat email yg aktif, password, lagi pertanyaan keamanan yg ada.
Kemudian mengunggah pas foto berwarna
Kemudian mencetak kartu informasi akun untuk login di web SSCN

3. Selanjutnya login di portal SSCN

Pelamar mengunggah foto selfie diri sendiri sambil memegang KTP lagi Kartu informasi akun serta KK
Login/Masuk di web SSCN menggunakan NIK lagi password yg agak di daftarkan kepada langkah ke2
Memilih instansi, formasi lagi jabatan pendaftaran CPNS
Mengunggah dokumen yg diminta instasni sesuai persyaratan instansi
Pelamar mengecek isian yg agak dilengkapi kepada form RESUME
Terakhir Mencetak Kartu Bukti Pendaftaran di web SSCN tahun 2020

4. Langkah berikutnya menyiapkan berkas-berkas fotokopi yg sudah dilegalisir dan  diserahkan ke panitia lokal penerimaan CPNS untuk dilakukan verifikasi, kalau lulus seleksi administrasi, pelamar bakal diberikan kartu lagi nomor ujian peserta CPNS 2020. Tunggu pengumuman pelaksanaan tes CPNS online dengan CAT di wilayah anda mendaftar


Buka Juga

Formasi CPNS 2020 daerah Bali, NTB, NTT
Formasi CPNS 2020 daerah Jawa Timur
Formasi CPNS 2020 daerah Jawa Barat lagi Banten
Formasi CPNS 2020 daerah Kalimantan Selatan
Formasi CPNS 2020 daerah Lampung

Jadi kesimpulan dari alur CPNS bisa admin simpulkan sebagai berikut
1. Cek formasi CPNS yg tersedia sesuai latar pendidikan
2. Membuat akun di web SSCN
3. Login di web SSCN dengan akun di langkah kedua, lagi mengisi biodata, mengunggah berkas pendaftaran lagi untuk mendaftar di instansi yg diinginkan, kemudian mencetak bukti pendaftaran
4. Pelamar mendatangi panitia penerimaan CPNS seperti BKD alias lembaga yg ditunjuk dengan membawa berkas persyaratan selengkapnya.
5. Pelamar yg lulus berkas administrasi mendapatkan kartu lagi nomor peserta tes CPNS selanjutnya menunggu pelaksanaan tes CPNS 2020

Nah saya kira sangat kemarau lekeh dipahami alur pedaftaran tes CPNS 2020 ini ya. silakan disimak lagi gambar diatas agar kemarau lekeh dipahami. Tentunya saat ini yg perlu dipersiapkan adalah berkas pendaftaran tes CPNS lagi mengetahui formasi CPNS yg tersedia.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar