Skip to main content

Terbaru Sk Akreditasi Perguruan Tinggi Dari Ban-Pt

Sebelum membaca artikel ini perlu diketahui bahwa berkas manual maupun scan  ada kemungkinan tidak semua instansi yg meminta, namun nilainya saja yg diinput saat pendaftaran CPNS 2020. Namun tidak ada salahnya kita sebagai calon pelamar mempersiapkan berkas ini.
Update untuk secara jelas lalu gamblang aturan akreditasi perguruan tinggi silakan baca pengumuman instnasi yg anda tuju. Untuk peraturannya bisa dilihat dalam revisi Permenpan RB 36 tahun 2020.

Salah satu berkas persyaratan yg harus disiapkan oleh calon pelamar CPNS satu diantaranya adalah berkas alias dokumen keterangan akreditasi perguruan tinggi lalu program studi. Karena nilai (A, B, C, alias D) nanti mau dimasukkan dalam form pendaftaran di SSCN.

Ada beberapa rekan calon pelamar CPNS yg bertanya bagaimana surat keterangan akreditasi yg benar tersebut? Apakah harus yg asli discan? Bolehkah memakai fotokopi? Dimana mendapatkan sertifikat keterangan akreditasi tersebut?

Nah berikut penampakan Sertifikat Akreditasi perguruan tinggi dari BAN PT tersebut.

 Sebelum membaca artikel ini perlu diketahui bahwa berkas manual maupun scan Terbaru SK Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT
surat sertifikat akreditasi perguruan tinggi
 Sebelum membaca artikel ini perlu diketahui bahwa berkas manual maupun scan Terbaru SK Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT

Begini ketentuannya:

Jika anda memiliki yg asli  format digital yg didapat dari kampus, itu sudah bisa dipakai.

Berdasarkan pengalaman yg sudah pernah ikut tes cpns 2020 lalu, Jika memakai fotokopi ada yang  harus dilegalisir oleh pihak perguruan tinggi lalu di stempel basah seperti gambar diatas. Ada yg tidak perlu dielgalisir, tergantung kebijakan instansi.

Untuk mendapatkan surat keterangan akreditasi perguruan tinggi dari BAN-PT sebaiknya datang saja ke kampus tempat kuliah dulu, minta fotokopinya lalu dilegalisir lalu stempel basah. Namun ada juga perguruan tinggi yg menyediakan format scan yg bisa didownload di website kampus.
Adapun SK ata sertifika akreditasi yg dipakai adalah saat kelulusan kuliah. Jadi coba Anda lulus tahun 2020, maka SK akreditasi BAN-PT yg dipakai adalah dengan masa itu. Perlu diketahui Akreditasi BAN-PT berlaku selama 5 tahun, misalnya Universitas Terbuka  prodi PGSD berlaku dari 2020-2021.

Bolehkah lulusan PT  coba perguruan tinggi lalu program studi  yg nilai akreditasi C ikut mendaftar CPNS? Bisa tapi itu nanti aja dibahasnya ya...


Nah diatas adalah contoh Sertifikat Akreditasinya.

Kalau yg dibawah ini Surat Keterangan Akreditasi.
yg dipakai yg mana sih? Ada yg mengatakan SK saja ada pula memakai Sertifikatnya. Menurut saya Sama saja, Namun Kalau ada keduanya mau lebih bagus. Sekedar tambahan bagi yg baru lulus kuliah bisa mengecek nilai akreditasi perguruan tinggi di alamat web https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi

 Sebelum membaca artikel ini perlu diketahui bahwa berkas manual maupun scan Terbaru SK Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT
Surat keterangan akreditasi BAN-PT

Oke demikian, mumpung pendaftaran belum dibuka, ayo siapkan dari sekarang berkas persyaratan pendaftaran CPNS di SSCN.

Baca juga
Persiapan pendaftaran lalu berkas pendaftaran di SSCN 
Alur proses pendaftaran CPNS 2020
Permenpan RB nomor 36 lalu 37 tahun 2020 tentang CPNS 2020
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar