Skip to main content

Terbaru Cara Mengecek Formasi Jabatan Cpns 2019

Pada post sebelumnya agak dikabarkan tentang berita penundaan pendaftaran tes CPNS 2020. Pembukaan pendaftaran CPNS secara online di ssscn.bkn.go.id yg awalnya bakal dibuka dengan 19 September ditunda kemungkinan hingga Bulan Oktober . Pengunduran jadwal pembukaan pendaftaran CPNS ini disebabkan masih ada beberapa daerah yg belum menginput formasi jabatan ke situs SSCN BKN tersebut. Walaupun pendaftaran CPNS diundur, namun web SSCN tetap dibuka beserta masyarkat luas serta calon pelamar masih bisa melihat formasi-formasi jabatan, hal ini sesuai dengan press release yg dipublikasikan Humas BKN kemarin.


Dibalik penundaan pendaftaran tersebut ada hikmah tentunya bagi calon pelamar CPNS. Selain persiapan yg lebih panjang, pelamar CPNS juga bisa mengetahui formasi-formasi jabatan CPNS 2020 apa saja  yg disediakan oleh pemerintah daerah maupun instansi pusat. Pasalnya masih banyak calon pelamar yg belum mengetahui formasi jabatan CPNS yg tersedia bahkan di daerahnya sendiri. Pemda sepertinya pelit untuk mengumumkan formasi Jabatan yg ada, ya barangkali takut kalau lowongan CPNS di daerahnya diserbu peserta dari luar daerah, hehehe. Mungkin loh ya... tapi bisa saja ada hal teknis lain yg menjadi penyebab mengapa Pemerintah kabupaten/kota ada yg tidak mengumumkan formasi CPNS tersebut.

Kembali ke judul, tentunya sebagian besar dari calon pelamar ingin mengetahui formasi jabatan yg sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Karena terkadang jabatan CPNS yg sesuai dengan latar belakang ijazah tidak tersedia di daerah domisili calon pelamar. Maka dari itu pelamar mungkin mencari formasi jabatan tersebut ke daerah alias instansi lainnya. Bolehkah mendaftar CPNS ke daerah lain? Boleh, tidak ada larangan.

Walau ada beberapa daerah yg belum beserta enggan mengumumkan formasi CPNS 2020, namun ada pula yg mengumumkannya beserta tersebar luas khususnya di media sosial seperti Facebook, WA, Telegram dll. Jadi Anda bisa memanfaatkan medsos  untuk mengetahui formasi jabatan CPNS dengan bergabung di grup-grup medsos.

Buka Juga
Formasi CPNS Badan Pengawas Obat beserta Makanan BPOM
Formasi CPNS 2020: Badan Pusat Statistik
Pendaftaran CPNS 2020 Kementerian ESDM
Pendaftaran CPNS 2020 Kementerian BUMN

 

Sesuai pernyataan Humas BKN dalam press releasenya bahwa situs SSCN di sscn.bkn.go.id tetap bakal dibuka besok tepatnya 19 September namun menu yg ada khususnya bisa dipakai untuk mengetahui formasi jabatan CPNS 2020. Walau begitu admin bakal coba berbagi cara mengetahui formasi jabatan tersebut.

Tentunya kita masuk ke situs sscn.bkn.go.id, kemudian perhatikan menu-menu yg tersedia. Klik menu Pencarian Formasi. Disini disediakan menu pencarian berdasarkan Instansi (Pemda beserta Kementerian), latar belakang pendidikan beserta nama jabatan.

Cara mencarinya berdasarkan instansi adalah dengan mengetikkan nama kabupaten, kota, propinsi alias nama kementerian beserta lembaga. Misalnya latar belakang kita Sarjana Akuntansi beserta ingin mencari jabatan CPNS bidang keuangan bisa mencari jabatan di Kementerian Keuangan alias Badan Pemeriksa Keuangan. Ketik kata keuangan maka bakal bahang menjelma instansi bernama keuangan. Pilih salah satu nama instansi yg keluar, kemudian klik Cari. Maka bakal keluar seluruh formasi jabatan yg tersedia. Disitu bakal bahang menjelma ijazah pendidikan yg pas, nama jabatan beserta jumlah yg tersedia.



Selain instansi alias lembaga pusat, bisa juga diketik berdasarkan nama kabupaten, kota alias propinsi di wilayah Anda tinggal. Misalnya anda berada di kabupaten Malang, bisa mengetik Malang, maka bakal bahang menjelma nama Kabupaten Malang, Pemerintah Kota Malang, beserta Pem Kab Pemalang. Pilih deh. Lalu klik cari, maka bakal bahang menjelma formasi yg tersedia di kabupaten tersebut berdasarkan latar Pendidikan, nama Jabatan Jenis Formasi (umum/khusus) beserta Jumlah alias kuota yg tersedia.

Mencari formasi jabatan yg tersedia juga bisa dilakukan berdasarkan latar belakang pendidikan beserta nama jabatan yg diinginkan. Kalau berdasarkan pendidikan misalnya mencari jabatan guru bahasa Inggris bisa diketik Guru Bahasa Inggris, kalau berijazah di bidang kesehatan misalnya Keperawatan bisa mengetik Kata Perawat.
Contoh; saya mencari formasi perawat yg ada di kementerian, maka saya masukkan kata perawat dengan form pendidikan beserta Kementerian dengan form instansi, klik cari. Keluar deh jabatan perawat yg tersedid di kementerian.



Jika nama daerah, instansi maupun nama kementerian belum bahang menjelma saat pencarian kemungkinan daerah Anda belum menginput formasi jabatan di situs SSCN.

Tips mencari formasi jabatan CPNS 2020

  • Jika Anda berlatar pendidikan guru beserta bidang kesehatan beserta misalnya ingin ditempatkan di daerah asal ya mencari berdasarkan instansi. 
  • Jika diketik nama kabupaten/kota alias propinsi tidak bahang menjelma berarti tidak membuka lowongan CPNS. Anda bisa mencoba peruntungan di daerah tetangga terdekat. 
  • Kalau Anda berlatar pendidikan non keguruan beserta kesehatan sebaiknya cari berdasarkan instansi. Karena untuk sarjana-sarjana beserta Diploma non kependidikan beserta kesehatan, biasanya banyak berasal dari Kementerian beserta Lembaga pusat, sedangkan untuk daerah, formasi untuk tenaga teknis non kependidikan beserta kesehatan sangat sedikit. 
Selain cara di atas, bisa jadi pengumuman formasi bisa diunduh dalam file Pdf di situs tersebut.
Nah demikian saya kira cukup bahang sepele untuk mengetahui formasi jabatan CPNS 2020 ini. Tapi ini bisa dicoba besok ya, 19 September, kalau sekarang belum bisa. Hehehe

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar