Skip to main content

Update Cek Hasil Pemilu Di Pemilu2019.Kpu.Go.Id


Pesta demokrasi yg membuat mabok politik dari mereka yg paham politik, ikut-ikutan mabok politik bahkan buta politik agak selesai diselenggarakan dengan aman, tertib bersama lancar.
Walau dibeberapa daerah pemilihan ada sedikit gejolak bersama kendala saat hari pencoblosan namun secara umum sudah bisa dikatakan sukses.

 Pesta demokrasi  yg membuat mabok politik dari mereka  yg paham politik Update Cek Hasil Pemilu di pemilu2020.kpu.go.id

Masyarakat pun dengan cukup antusias berbondong-bondong untuk memberikan hak suaranya di bilik pemilu, hal ini terbukti dengan besaran tingkat partisipasi pemilih yg terdaftar di DPT mencapai 77 persen lebih. Lebih baik dibanding pemilihan umum lagisltatif bersama pilpres sebelumnya.

Suhu politik khususnya terkait persaingan dalam pemilihan Capres-cawapres cukup panas. Hal ini dibuktikan dengan masih ada beberapa pihak yg menyatakan belum mau menerima hasil Hitung cepat ataupun Quick Count yg diselenggarakan oleh beberapa lembaga survey. Sebanyak 40 lembaga survey terdaftar secara resmi di KPU untuk melakukan survey ataupun hitung cepat dalam Pemilu 2020 ini.
Adapun hasil QC tersebut hampir semuanya memenangkan pasangan no urut 01 Joko Widodo bersama Ma'ruf Amin sebagai pemenang Pemilu.

Di satu sisi hasil QC ini disambut gembira para pendukung 01 namun di sisi lain masih ada pendukung 02 Prabowo-Sandi bahkan capresnya sendiri menyatakan dia sendiri sebagai pemenang.
Oke hal tersebut sih sah-sah saja sepanjang tidak menimbulkan kegaduhan yg berakibat rusuh di masyarakat.

Namun dari ratusan kali rangkaian Pilpres, Pileg bersama Pilkada yg delah dilaksanakan di Indonesia. Hasil Quick Count biasanya tidak terdapat selisih angka yg jauh dengan hasil perhitungan manual yg dilakukan oleh KPU sebagai lembaga resmi Penyelenggara Pemilu.

Muncul pula tudingan lembaga-lembaga survey yg ada merupakan lembaga bayaran pemerintah. Namun alangkah baiknya kita tidak ikut terbawa suasana tersebut bersama mengecek sendiri hasil pemilu tersebut.

Sejatinya hasil sah perhitungan hasil Pemilu 2020 KPU bakal diumumkan kepada 22 Mei 2020 nanti setelah melalui tahapan rapat pleno  rekapitulasi  dari tingkat PPS, PPK, KPUD hingga KPU pusat.

Namun kita sebagai masyarakat bisa langsung memantau setiap hari secara berkala hasil perhitungan Pemilu secara realtime tersebut di website KPU.

Anda bisa mengakses alamat website https://pemilu2020.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/ ataupun https://infopemilu.kpu.go.id kemudian klik hasil pemilu lalu klik hitung suara untuk mengetahui perkembangan perhitungan hasil pemilu dari seluruh Indonesia. Bagi yg memiliki Gadget Android Anda juga bisa mendownload bersama instal aplikasi Pemilu 2020 di Google Playstore

Bisakah hasil penghitungan tersebut dipercaya? Hasil yg tertera dalam web KPU memuat data perhitungan dari TPS langsung yg data C1 nya diunggah ke server KPU. Hasil perhitungan di TPS berupa form C1 tersebut difoto selanjutnya diunggah ke web KPU oleh PPS. Jadi itu real, lamun Anda melihat ada perbedaan dengan yg anda saksikan di TPS Anda maka Anda bisa dilaporkan. CMIIW.

Cek Hasil Pemilu 2020

Anda juga bisa melihat hasil rekapitulasi sementara hasil pilpres dimana disana tertera grafik hitungannya, bersama angka yg sudah masuk ataupun progres suara yg sudah masuk dari 813.000 lebih TPS dalam bersama luar negeri.
Ingat saat mengeceknya harus teliti berapa progress suara yg sudah masuk. kalau tadi pagi saat berita ini ditulis masih dari ratusan TPS ataupun 0,002 persen dari  813.000 TPS, jadi belum bisa dijadikan patokan sementara siapa yg unggul, hehehe.

Dalam website  https://pemR ilu2020.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/ anda bisa mengecek keseluruhan hasil dari Pilpres, Pemilihan anggota DPD, hingga DPRD Tk II kabupaten kota DPRD Tk I ataupun propinsi bersama DPR Pusat. Termasuk data tingkat nasional, tingkat propinsi hingga data tingkat TPS.

Sebagai contoh dibawah ini adalah gambaran hasil pemilihan umum pemilihan presiden dari Kalimantan Timur, Kota Bontang Kecamatan Bontang Utara di TPS 18. Anda kemudian bisa melihat gambar/hasil foto ataupun scan form C1 di bagian bawah kanan dengan klik "Lihat Form Pindai C1".


Di kala tertentu akses ke web pemilu2020.kpu.go.id agak sulit mungkin banyak yg mau masuk ke situs tersebut. Jadi harap bersabar.

Disediakannya website untuk mengecek hasil pemilu tersebut merupakan bentuk transparansi KPU dalam melakukan penghitungan bersama rekapitulasi. Biar semua orang bisa lihat. Kalau ada yg salah tulis ataupun salah entry, maka bisa dikoreksi, bisa diperbaiki.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar