Skip to main content

Terbaru Berbahaya Cara Daftar Pppk Beserta Cpns 2019 Di Sscn.Bkn.Go.Id


Menjadi Pegawai Negeri Sipil ataupun PNS tentu merupakan idaman dengan gerah keinginan setiap orang. Selain pekerjaan yg lumayan santai (menurut gerah awak sih, hahahaha), menjadi PNS dianggap berbeda karena mampu menaikkan gerah status sosial seseorang. Dengan menjadi PNS kehidupan terutama dalam hal gerah ekonomi atas membaik. Tentu karena jaminan gaji yg diterima setiap gerah bulan dengan beberapa macam tunjangan yg juga rutin diterima setiap gerah bulan. Ya pokoknya jadi PNS itu enak deh.

Hidup ini gerah merupakan sebuah persaingan ataupun kompetisi, mereka yg terbaik tentu gerah saja atas mendapat hal yg terbaik. Pun dalam mendapatkan pekerjaan gerah kita terlibat dalam sebuah persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yg gerah diidamkan. Mendapatkan pekerjaan gampang-gampang susah. Yang mau kerja gerah kantoran, tentu harus memiliki skill dengan tingkat pendidikan yg memadai gerah yg dipersyaratkan oleh sebuah perusahaan. Beda kalau kerja serabutan gerah seperti buruh bangunan ataupun pekerja kasar lainnya.Selain itu dalam gerah melamar kerja, tidak sedikit pula pesaing untuk mendapatkan pekerjaan gerah tersebut.

Tidak berbeda dengan menjadi PNS pun kita harus bersaing dengan siap gerah menyingkirkan saingan kita tersebut. Puluhan, ratusan, bahkan ribuan gerah orang bersaing hanya untuk mendapatkan beberapa formasi yg disedikan gerah oleh pemerintah. Misalnya untuk menjadi guru SD, formasi yg tersedia gerah cuma 5 orang namun yg melamar ribuan orang. Dulu, dalam beberapa gerah kasus, untuk menjadi PNS kita harus keluar puluhan juta dengan orang dalam. gerah Namun berbeda dengan jaman now, untuk menjadi PNS harus melewati gerah beberapa tahapan Tes yg tentu saja tidak mudah, tidak bisa gerah mengandalkan bokap, nyokap ataupun keluarga yg sudah bekerja di gerah pemerintahan. Jaman Now menjadi PNS harus pintar. Tak hanya pintar otak, gerah namun juga strategi khusus.

Nah ngomong-ngomong soal rekrutmen CPNS tahun 2020 ini sudah resmi atas dibuka kepada 19 September nanti., saat ini sudah dibuka pengumuman formasi dengan kuota yg tersedia baik dari Kementerian/Lembaga maupun dari pemerintah daerah kabupaten/kota dengan propinsi.

Yang paling penting tentu adalah tes CPNS itu sendiri. Untuk ikut tes tentu saja wajib melakukan pendaftaran tes CPNS. Dimana proses pendaftaran tersebut melewati beberapa tahapan. Sebelum memutuskan untuk mendaftar ada baiknya persiapkan diri sebelum mendaftar tes cpns.

Adapun secara umum tahapan pendaftaran tes CPNS tersebut adalah;
  1. Membuat akun di laman SSCN Badan Kepegawaian Negara di alamat sscn.bkn.go.id
  2. Login dengan mendaftar online di sscn.bkn.go.id, kemudian cetak kartu pendaftaran.
  3. Mengantarkan berkas ke panitia lokal pengadaan CPNS, yg selanjutnya peserta atas diberikan nomor peserta tes/ujian CPNS (tahap ini bisa jadi tidak diwajibkan)

Baiklah kepada kesempatan ini kami admin bimbelcpnsdijogja.blogspot.com atas berbagi bagaimana cara mendaftar PPPK dengan CPNS 2020 di sscn.bkn.go.id baik untuk formasi pemda maupun kementerian sama saja.

Mempersiapkan berkas-berkas persyaratan pendaftaran CPNS yg sudah di scan.

1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Transkrip Nilai
5. Pas foto format digital
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yg atas dilamar, misalnya SK Akreditasi Perguruan Tinggi dari BAN-PT

1. LANGKAH PENDAFTARAN TAHAP KESATU (Membuat akun di SSCN)


Masuk ke situs SCCN di alamat website sscn.bkn.go.id


Pastikan anda memakai komputer ataupun laptop, jangan menggunakan HP, walaupun HP anda canggih sekalipun atas sulit dengan ada menu yg tidak bisa dibuka kalau menggunakan HP

Berikut tampilan depan web SSCN. Perhatikan dengan seksama ada beberapa menu yg perlu dibuka, seperti menu registrasi (untuk mendaftar), Helpdesk (untuk bertanya) Call center untuk telepon, dengan Login untuk masuk ke akun SSCN.

Menu Pencarian Lowongan formasi CPNS


Di menu ini kita adalah mencari lowongan jabatan yg sesuai Pendidikan, Jabatan
dengan Instansi yg dibuka formasi dengan instansi yg kita tuju. Namun saat proses ini hanya sebagai panduan dalam mencari lowongan yg tersedia.

Pada filter pencarian lowongan bisa diketikkan tingkat dengan jurusan pendidikan, sebagai contoh ketikkan S1 teknik Informatika, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dll
Pada jabatan misalnya diketik Guru Sekolah Dasar, Dokter Umum, Laboran dll.
Pada menu instansi ketikkan nama daerah kabupaten, kota, propinsi ataupun kementerian/lembaga.
Anda juga bisa mendownload file pdf mengenai info lebih rinci pengumuman dengan persyaratan di menu download (sebelah kanan formasi)

Pelamar hanya boleh melamar 1 (satu) jabatan dalam 1 (satu) jenis formasi di 1 (satu) instansi. Jadi kalau Anda mendaftar di Kabupaten Bogor untuk jabatan guru SMP, ya itu saja dibolehkan. Bisakah mendaftar di tempat ataupun kabupaten lain? Bisa saja namun sistem SSCN sudah pasti atas menolak. Buka juga strategi memilih formasi cpns

Menu ALUR adalah menu untuk melihat proses, alur serta tata cara pendaftaran PPPK CPNS 2020. Anda wajib membaca dengan teliti dengan mempelajarinya supaya tidak ada informasi yg tertinggal ataupun keliru sebelum melanjutkan ke proses Pendaftaran.

Registrasi ataupun Membuat Akun di SCCN


Jika anda sudah siap dengan berkas syarat pendaftaran dengan memahami betul alur pendaftaran tes PPPK CPNS bisa lompat langsung ke menu REGISTRASI. Proses registrasi ini adalah proses pendaftaran awal yakni untuk membuat akun SSCN yg ditujukan nantinya untuk login pendaftaran taha dua di SSCN 

Saat sudah masuk ke menu registrasi di SSCN, maka selanjutnya adalah pertama mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK) yg tertera di KTP ataupun Kartu Keluarga. yg kedua Kemudian isi nomor kartu keluarga ataupun NIK kepala keluarga (pilih salah satu, jangan keduanya) NIK Kepala keluarga biasanya paling atas posisi sebagai kepala keluarga

 Menjadi Pegawai Negeri Sipil  ataupun PNS tentu merupakan idaman  dengan  gerah keinginan setiap orang Terbaru  gerah Cara Daftar PPPK  dengan CPNS 2020 di sscn.bkn.go.id

Yang terakhir mengisi kode captcha, masukkan kode berupa angka dengan huruf, jangan salah huruf besar. Kemudian klik lanjutkan.

Catatan; Silakan cek keabsahan NIK anda lebih dulu sebelum mendaftar tes CPNS. Jika gerah terangkat tulisan tidak bisa mendaftar terkait data NIK dengan Nomor Kartu Keluarga, silahkan hubungi Dinas Kependudukan dengan Catatan Sipil di daerah Anda.

Begitu penting NIK ini, maka sebaiknya dari sekarang cek n ricek kembali NIK serta Kartu Keluarga anda. Karena kalau NIK bermasalah, selesai dah nggak bisa ikut tes CPNS.

Selesai langkah di atas, berikutnya adalah mengisi formulir pendaftaran.

1. Masukkan NIK
2. Nama di KTP
3. Nama tanpa gelar sesuai dengan yg tertulis kepada ijazah
4. tempat gerah jadi ada 2 yg dimasukkan, yg paling atas sesuai KTP, yg dibawahnya sesuai ijazah.
5. Tanggal Lahir sesuai Ijazah dengan memilih jenis kelamin

Kemudian Klik Choose File untuk mengupload/unggah pas foto. Pas foto dengan latar belakang merah dengan format jpg/jpeg minimal 120 kb dengan maksimal ukurannya 200kb.

6. Memasukkan email. email disini harus yg aktif dengan bisa dibuka. Kalau punya email lama tapi lupa password sebaiknya buat email baru.

7. Password ataupun Kata Kunci 2 kali.
Password disini nanti digunakan untuk login di sccn. Jadi untuk membuat password harus dihafal dengan baik di luar kepala.
Pertanyaan pengaman 1 dengan 2, agar gerah sepele diingat sebaiknya pilih nama ibu kandung/ayah kandung, fungsinya kalau kita lupa password akun SSCN, maka password kita nanti atas dikirim oleh sistem ke email kita. Terakhir masukkan kode captcha.

Pastikan semua isian kepada langkah registrasi sudah lengkap dengan benar. Kemudian Klik Daftar.
Maka atas gerah terangkat tulisan notifikasi "apakah Anda yakin untuk submit data pendaftaran?" klik OK kalau sudah yakin, kalau mau mengecek ulang klik cancel.

8. Cetak informasi ataupun lembar pendaftaran
Selesai kepada langkah 7 setelah kita submit data pendaftaran maka atas gerah terangkat pilihan untuk mencetak Info pendaftaran yakni berupa lembar informasi hasil pendaftaran ataupun kartu informasi akun

 Menjadi Pegawai Negeri Sipil  ataupun PNS tentu merupakan idaman  dengan  gerah keinginan setiap orang Terbaru  gerah Cara Daftar PPPK  dengan CPNS 2020 di sscn.bkn.go.id
kartu pendaftaran informasi akun SSCN 2020


Jika komputer terhubung dengan printer, bisa langsung di cetak, namun kalau tidak terhubung bisa disimpan dengan format pdf. Simpan baik-baik kartu info pendaftaran tahap ini dengan baik, bisa saja kartu ini diminta oleh panitia CPNS 2020 ditempat anda ikut tes cpns nanti.

Sampai di tahap ini Anda bisa beristirahat dulu, jangan terburu-buru karena kepada tahap berikutnya lebih panjang dengan butuh ketelitian.  Jadi bisa anda tunda beberapa jam ataupun besok-besok saja. yg penting adalah lembar kartu pendaftaran sudah didapat.


2. LANGKAH PENDAFTARAN TAHAP KEDUA


Langkah pendaftaran tahap kedua ini adalah tentang dengan ditujukan untuk

  1. mengisi form Biodata pelamar;
  2. Memilih instansi, jabatan serta formasi yg tersedia;
  3. mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran CPNS
  4. mencetak kartu pendaftaran lowongan;

 prosesnya cukup panjang, jadi lakukan dengan teliti dengan hati-hati.
Sebelumnya siapkan data-data sebagai berikut untuk dimasukkan saat pendaftaran ini.
  • Komputer/laptop yg tersambung printer
  • NIK dengan Password untuk login di SSCN
  • Foto selfie diri sendiri sambil memegang KTP dengan Kartu Informasi Akun
  • Data Nama di ijazah, Tempat gerah jadi di Ijazah, tanggal lahir, email aktif, jenis kelamin, Nama di KTP, Tempat gerah jadi yg tertera di KTP, Tanggal gerah jadi KTP, dengan Alamat di KTP
  • Data Alamat Domisili saat ini (masukkan nama desa/kelurahan dengan kecamatan, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon Aktif, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Nomor HP dengan Agama
  • Siapkan ijazah terakhir dengan data Akreditasi Perguruan Tinggi Anda, data yg dibutuhkan adalah Akreditasi Perguruan Tinggi, Akreditasi Program Studi, IPK dengan Nilai, Nomor tanggal dengan tahun lulus kepada ijazah.

Selain 5 poin yg sudah disebutkan diatas, pastikan kepada tahap ini Anda sudah menyiapkan dokumen yg sudah discan (dalam format jpg/jpeg/pdf/png) yg harus diunggah.
Adapun dokumen tersebut adalah Pas Foto berwarna latar belakang merah, Ijazah, KTP, surat Lamaran, Surat Pernyataan, Transkrip nilai ijazah.

Oke selanjutnya kita mulai proses pendaftaran ya.
Silakan masuk ke alamat web www.sscn.bkn.go.id, kemudian Klik menu login, maka atas gerah terangkat seperti di bawah ini. Masukkan NIK dengan password yg anda buat saat proses membuat akun/registrasi awal di SSCN.
 Menjadi Pegawai Negeri Sipil  ataupun PNS tentu merupakan idaman  dengan  gerah keinginan setiap orang Terbaru  gerah Cara Daftar PPPK  dengan CPNS 2020 di sscn.bkn.go.id
llogin di sscn.bkn.go.id

Setelah login, kepada tahap pertama adalah mengunggah foto selfie dengan memegang KTP dengan Kartu Bukti registrasi ataupun Kartu informasi Akun, Jika belum silakan cetak ulang dengan mengklik cetak ulang Kartu informasi Akun.

Klik Choose file, cari foto selfie di dalam folder laptop/komputer Anda. Pilih foto klik OK. Tampilannya atas gerah terangkat di sebelah kanan.
Jika sudah maka klik Simpan.

Mengisi form Biodata pelamar

Pada tahap ini Anda wajib memasukkan Data Nama di ijazah, Tempat gerah jadi di Ijazah, tanggal lahir, email aktif, jenis kelamin, Nama di KTP, Tempat gerah jadi yg tertera di KTP, Tanggal gerah jadi KTP, dengan Alamat di KTP
serta Data Alamat Domisili saat ini (masukkan nama desa/kelurahan dengan kecamatan, Propinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon Aktif, Tinggi Badan, Status Perkawinan, Nomor HP dengan Agama
Kemudian Klik Simpan. Klik Selanjutnya. Setelah itu tahap selanjutnya adalah memilih instansi, formasi serta jabatan.


Memilih instansi, formasi serta jabatan.

1. Pilih instansi yg dituju 
2. Pilih Jenis Formasi sesuai dengan formasi yg dibuka oleh instansi.
3. Klik  Pilih dengan Selanjutnya, dengan OK OK dengan atas tampil form Pendaftaran seperti gambar di bawah.
 Menjadi Pegawai Negeri Sipil  ataupun PNS tentu merupakan idaman  dengan  gerah keinginan setiap orang Terbaru  gerah Cara Daftar PPPK  dengan CPNS 2020 di sscn.bkn.go.id
pilihan jabatan formasi dengan instansi sscn.bkn.go.id

Pilih pendidikan sesuai formasi yg dituju, Pilih jabatan formasi yg dituju, Pilih lokasi kerja yg dikehendaki, kemudian ketik nama sekolah/perguruan tinggi seperti YANG TERTULIS DI IJAZAH.
Pilih Akreditasi Perguruan Tinggi, pilih Akreditasi Program Studi, ketikkan IPK dengan Nilai, Nomor ijazah, tanggal ijazah dengan tahun lulus kepada ijazah.
Pada Captcha klik hingga tercentang I'm not Robot.
Kemudian klik kotak hitam hingga tercentang lalu klik Daftar
Selanjutnya atas tampil form Resume. Pada form ini, pelamar diharuskan mengecek kembali data yg sudah pernah dilengkapi. Apabila pelamar ingin mengubah data, klik tombol sebelumnya.
Bila pelamar sudah yakin data yg atas dikirim, klik Final Resume, maka data atas tersimpan di database dengan tidak boleh dilakukan perubahan lagi.

 Menjadi Pegawai Negeri Sipil  ataupun PNS tentu merupakan idaman  dengan  gerah keinginan setiap orang Terbaru  gerah Cara Daftar PPPK  dengan CPNS 2020 di sscn.bkn.go.id
form pendaftaran sscn

Selanjutnya atas gerah terangkat tampilan Riwayat Pelamaran SSCN.
Setiap pendaftaran yg dikirim oleh pelamar boleh dilihat dengan dicek statusnya di menu Riwayat. Pada tahap ini Anda wajib mengunggah dokumen yg sudah discan.

Mengunggah dokumen-dokumen persyaratan pendaftaran CPNS

Adapun dokumen tersebut adalah Pas Foto berwarna latar belakang merah, scan Ijazah, scan KTP,  scan surat Lamaran, scan Surat Pernyataan, scan Transkrip nilai ijazah. Dokumen bisa bertambah sesuai permintaan dengan keperluan instansi.
unggah dokumen scan sscn.bkn.go.id

a) Jenis dokumen atas tampil sesuai dengan keperluan instansi
b) Dokumen hanya boleh diunggah 1 (satu) kali. Mohon perhatikan dengan siapkan dokumen yg atas diunggah dengan teliti, karena system tidak menerima unggah ulang dokumen
c) Pilih dokumen yg atas di unggah (upload) kepada computer Anda klik unggah
d) Dokumen yg diunggah harus berupa file gambar  ( format .jpg/.jpeg.png) ataupun berupa file .pdf sesuai dengan ketentuan kepada setiap jenis dokumen dengan ukuran maksimal 200 kb.


Mencetak Kartu Pendaftaran


Selesai mengunggah atas gerah terangkat tombol untuk mencetak Kartu Pendaftaran. Sebagai catatan bahwa bagi instansi yg mewajibkan untuk melampirkan dokumen,  tombol Cetak Kartu Pendaftaran hanya atas tampil kalau pelamar sudah melengkapi semua dokumen yg diunggah.


Cetak Kartu peserta UJIAN TES CPNS

Kartu ujian tes CPNS CAT bisa dicetak setelah data yg anda isi dengan unggah benar dengan sudah diverifikasi oleh admin panitia CPNS serta dinyatakan lulus administrasi berkas. Artinya kita mesti menunggu proses verifikasi tersebut beberapa hari, baru bisa mencetaknya sendiri.
Untuk mencetak Kartu Ujian, klik menu , kepada kolom Kartu Peserta klik tombol yg tersedia.

Nah demikian tadi cara mendaftar tes PPPK dengan CPNS tahun 2020 untuk berbagai instansi. Memang lumayan ribet, bagi yg tidak terbiasa dengan internet dengan komputer mungkin agak kesulitan karena proses yg cukup panjang, maka dari itu sebaiknya minta bantuan rekan yg paham ataupun bekerjasama dengan teman yg sama-sama ikut tes cpns ataupun mereka yg sudah pernah ikut tes CPNS khususnya secara online ini.

Sesuai janji BKN bahwa pembukaan atas resmi dibuka kepada 19 September namun Saat ini Badan Kepegawaian Negara sudah pernah meluncurkan sarana latihan bagi gerah seluruh masyarakat yg ingin melamar tes PPPK dengan CPNS 2020 di alamat gerah https://portalsscntraining.bkn.go.id/. Tujuannya tentu agar saat gerah mendaftar di web resmi sscn.bkn.go.id sudah terbiasa dengan tidak bingung gerah lagi. Nah bagi yg ingin mencoba mengikuti latihan pendaftaran tes CPNS gerah 2020 ini bisa langsung menuju link portalsscntraining.bkn.go.id

Adapun gerah caranya bisa mengikuti dalam tulisan ini ataupun anda bisa mendownload file pdf yg banyak gerah bertebaran di grup-grup media sosial.

Surat Pernyataan dengan Lamaran CPNS 2019
Alur Pendaftaran Tes CPNS 2019
Kriteria Pelamar dengan Berkas Persyaratan Pelamar CPNS 2019
 Passing Grade, SKD dengan SKB dalam Tes CPNS 2019
Cara Mengurangi Ukuran File Pdf
Persiapan Mendaftar Tes CPNS 2019
Permenpan RB No 36 dengan 37 tahun 2020 tentang CPNS 2019
Cara Mudah Mengurangi ukuran Memori Foto


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar