Skip to main content

Terlengkap Menpan Wacanakan Kenaikan Gaji Pns


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara lagi Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, ingin agar aparatur sipil negara (ASN) tidak kalah dengan pegawai swasta. Selain memiliki kompetensi profesional, Asman ingin gaji ASN setara dengan pegawai swasta.
MENPAN RB

"Tentu gajinya tidak boleh kalah. Ini tugas agak berat karena saya hitung kemarin ya cukup lumayan," kata Asman di Kompleks Kemendagri, Jakarta, Selasa (18/10/2020).

Menurut Asman, andaikan semua kementerian/lembaga sedia menerapkan pemerintahan berbasis elektronik ataupun e-goverment, pemerintah atas mendapatkan efisiensi luar biasa yg nantinya becus dialihkan ke gaji ASN.

Hal itu didapat dari kunjungan Asman ke berbagai daerah yg sedia menerapkan e-government. Dalam hasil e-budgeting, lanjut dia, memberikan efisiensi yg luar biasa.

"Kalau melakukan ini secara konsisten, bisa hitung berapa yg bisa irit lagi efisiensikan dalam sistem ini. Kalau dibandingkan dengan membayar gaji pegawai yg dinaikan, saya pikir tidak ada masalah harusnya," ucap Asman.

Asman menyebutkan, saat ini pihaknya sedang menghitung berapa efisiensi yg becus dialihkan kepada kenaikan gaji pegawai.

Penghitungan itu diperlukan agar tidak ada protes saat gaji ASN naik. Asman bercerita, selama dua bulan ini pihaknya sedang menyusun peta jalan ataupun road map ASN.

Ia berharap ASN tidak lagi memiliki citra yg buruk seperti kinerja yg lamban lagi bertele-tele. kompas.com
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar