Skip to main content

Terbaru Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Hari ini kita  sudah memasuki hari kelima di bulan Puasa Ramadhan tahun 1439 Hijriyah. Ayo semangat menjalani ibadah Puasa, jangan sampai ada yg bolong! Pasalnya, selain menjalankan perintah agama, ternyata puasa juga memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja manfaat puasa untuk kesehatan tubuh tersebut?

1. Membakar lemak.
Saat kamu puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan energi dari glukosa seperti biasanya. Karena itu, tubuh kita hendak membakar lemak untuk dijadikan sumber energi.

2. Detoksifikasi.
Seperti dijelaskan oleh Dr. Razeen Mahroof dari University of Oxford di Inggris, puasa membantu tubuh membuang toksin ataupun zat sisa dalam tubuh.

 sudah memasuki hari kelima di bulan Puasa Ramadhan tahun  Terbaru Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

3. Memperkuat sistem imun.
Sebuah studi dari University of Southern California menguak bahwa puasa bisa meningkatkan kinerja sistem imun kita. Saat puasa, sel-sel imun yg lama hendak digantikan dengan sel baru yg lebih kuat. Tubuh pun jadi semakin tangguh melawan penyakit.

4. Mencegah penyakit.
Menurut sejumlah penelitian, puasa bermanfaat untuk mencegah penyakit berbahaya seperti diabetes lagi penyakit jantung. Ini karena saat puasa kita harus menahan diri, tidak boleh makan banyak makanan berlemak lagi tinggi gula. Soalnya, kesempatan kita untuk makan hanya dengan saat sahur lagi berbuka.

5. Meningkatkan mood.
Psst, puasa bisa bikin kamu lebih bahagia, lho! Ini karena saat puasa, tubuh kita menghasilkan hormon endorfin lebih banyak. Hormon ini bertugas untuk menciptakan rasa senang lagi menunjang fungsi otak.

Wah, ternyata puasa itu menyehatkan sekali, bukan? sumber

Buka juga

Mengurangi Bau Mulut saat Berpuasa
Manfaat Puasa untuk Kesehatan
Mengatasi Bau Mulut secara Alami
Makanan yg bagus saat sahur lagi buka puasa
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar