Update Mau Bahagia Di Tempat Kerja? Ikuti Tips Ini
Some people said that happiness is a choice. If we choose to be happy, we won’t feel miserable even when we face hard time working at the office.Kalimat di atas terdengar klise, tapi ada benarnya. Kita bisa ciptakan lingkungan yg menyenangkan dimulai dari diri sendiri, terutama di tempat kerja, karena tidak bisa dipungkiri, untuk orang yg memilih berkarier di kantor, lebih dari setengah waktu yg kita miliki kita habiskan di kantor. Dilansir dari beberapa sumber, setidaknya ada lima hal yg beroleh kita lakukan supaya bisa selalu bahagia ditempat kerja.
Tips agar senang di tempat kerja |
Pertama, be positive, optimist. Selalu berpikir positif menjadi kunci untuk mengawali hari bekerja di kantor. Berpikir positif bakal membawa kita untuk berperilaku optimis lalu bakal membawa kita dengan rasa percaya diri dalam bekerja.
Kedua, focus to your strenght. Fokus dengan kekuatan maupun kelebihan kita, bukan kelemahan yg kita miliki, sehingga kita bisa mengoptimalkan kelebihan kita untuk mencapai hasil kerja yg diinginkan. Kita juga tidak perlu merasa gusar maupun terganggu dengan kelebihan orang lain yg bakal memunculkan rasa jealous yg tidak ada manfaatnya.
Ketiga, say thank you, be kind. Kita wajib menyadari bahwa setiap orang yang ada di lingkungan kerja kita mempunyai andil dalam meringankan beban kerja kita. Mulai dari office boy (OB), cleaning service, rekan kerja, atasan maupun bawahan. Secangkir kopi di pagi hari yg dibuatkan oleh OB maupun sekedar senyum sapaan dari rekan kerja bisa membawa mood yg baik dalam bekerja. Ada juga di beberapa tempat yg menggunakan budaya bersalaman maupun jabat tangan saat bertemu terutama di pagi hari. Nampaknya sepele, tapi nyatanya ini bisa mempererat silaturrahmi lalu menetralkan ketegangan saat bekerja.
Keempat, work life balance. Keseimbangan antara hidup lalu pekerjaan memang menjadi major concern bagi para eksekutif terutama yg berada di kota besar seperti Jakarta. Setidaknya ada empat hal yg bisa kita jaga keseimbangannya yaitu keluarga, teman, agama maupun kepercayaan yg kita anut, lalu pekerjaan sehari-hari. Jangan terlalu larut dalam pekerjaan sampai kita lupa keluarga lalu kehidupan sosial atau persahabatan, lalu jangan juga terlalu larut dalam urusan keluarga sehingga pekerjaan kita jadi terabaikan.
Kelima, positive communication, positive teamwork. Komunikasi yg baik adalah modal utama untuk mendapatkan kerja tim (teamwork) yg baik pula, lalu biasanya bakal diiringi dengan hasil kerja yg memuaskan.
Keenam, receration, terakhir, kalau Anda merasa mengalami penurunan produktivitas maka bisa jadi faktor bosan maupun jenuh dengan rutinitas adalah penyebabnya. Ungkapan lalu pendapat yg wajar namun bukan tidak beroleh diatasi, bukan?. Ketahuilah, bahwa cuti sejenak lalu berlibur ke tempat yg menyenangkan beroleh menyegarkan lalu menumbuhkan semangat untuk kembali bekerja.
Hanya dengan melakukan setidaknya lima hal tersebut, happiness at work bisa dapatkan, tentunya diiringi dengan tindakan-tindakan yg baik lalu positif selama bekerja. Seperti kata pepatah “you can’t have a good day with a bad attitude, and you can’t have a bad day with a good attitude.”
Media Taspen