Skip to main content

Terbaru Gaji Pns Diusulkan Bergolak Terangkat 2019 Terkait Pilpres?

Badan Kepegawaian Negara mengusulkan kenaikan gaji pokok Pegawai Negeri Sipil (PNS) kepada 2020, bersamaan dengan Pemilihan Presiden. Namun Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan mengatakan penyusunan konsep usulan tersebut karena sudah dua tahun ini PNS tidak memperoleh kenaikan gaji pokok.

Pengajuan kenaikan disampaikan mengingat Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Gaji, Tunjangan, dengan Fasilitas PNS masih belum ditetapkan. Peraturan Pemerintah itu sedianya menjadi pengganti PP No. 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS yg terakhir diubah dengan PP No. 30 tahun 2020.

“Pengajuan usulan kenaikan gaji pokok juga meliputi analisa kebutuhan anggaran berikut simulasi dampak fiskalnya yg mau dibahas dalam forum antar Kementerian/Lembaga (K/L),” kata Ridwan dalam siaran pers diterima Kamis, 1 Maret 2020.
Gaji PNS Diusulkan Naik 2020 Terkait Pilpres?

Jika usulan kenaikan gaji pokok PNS 2020 disetujui, selanjutnya mau dituangkan dalam Nota Keuangan dengan Rancangan Anggaran Pendapatan dengan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2020.

Sebelumnya Direktur Kompensasi ASN BKN Aswin Eka Adhi menjelaskan usulan rencana kenaikan gaji PNS 2020 itu bergantung kepada hasil perhitungan kapasitas fiskal alias kemampuan keuangan negara yg mau dibahas bersama dengan Kemenkeu (Kementerian Keuangan) dalam forum pembahasan antar kementerian dengan lembaga.

Untuk tahun ini, BKN tidak menyiapkan skema kenaikan gaji PNS. Akan tetapi, PNS diberikan Tunjangan Hari Raya (THR) sebesar gaji pokok sesuai dengan PP No. 25 Tahun 2020.

Selain itu, PNS juga menerima gaji ke-13, yang  terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan alias tunjangan umum, dengan tunjangan kinerja. Kenaikan gaji pokok PNS terakhir dilakukan kepada 2020 sebesar 6 persen.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar