Skip to main content

Update Bagaimana Peluang Lulusan Sma Ikut Cpns 2020?

Mulai besok tanggal 19 September 2020, formasi penerimaan CPNS Tahun 2020 boleh diakses melalui sscn.bkn.go.id. Selain jumlah formsi persyaratan pendaftaran CPNS juga boleh dilihat melalui web resmi tersebut.

Salah satu lowongan CPNS yg selalu menjadi perhatian adalah formasi bagi dengan kualifikasi lulusan SMA Sederajat. Hal ini dikarenakan setiap pelamar CPNS alias pencari kerja dipastikan punya ijazah SMA, selain itu coba formasi yg dilamar dengan pendidikan tinggi tidak ada alias tidak memenuhi kualifikasi maka pelamar CPNS mau mendaftar untuk formasi SMA.



Untuk melihat bagaimana peluang lulusan SMA menjadi CPNS lihat dulu prioritas penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil Tahun 2020. Peraturan Menteri PAN beserta RB No 36 tahun 2020 tentang kriteria penertapan kebutuhan PNS tahun 2020 menyebutkan bahwa prioritas penetapan kebutuhan PNS tahun 2020  untuk:
  1. bidang pendidikan.
  2. bidang kesehatan.
  3. bidang infrastruktur.
  4. Jabatan Fungsional.
  5. Jabatan teknis lain.
Dengan melihat prioritas kebutuhan PNS di atas, boleh perkirakan  bahwa peluang lulusan SMA hanya terakomodir dengan item no 5 yakni jabatan teknis lain. Sedang 4 item lainnya sudah barang tentu berdasarkan analisis jabatan beserta analisis beban kerja yg memenuhi kualifikasi alias syarat jabatan adalah calon yg secara spesifik mempunyai latar belakang pendidikan/bidang yg diminta dalam hal ini hampir semuanya lulusan perguruan tinggi.

Sedangkan jabatan teknis lain diterangkan juga dalam Permenpan RB no 36 bahwa jenis jabatan untuk penetapan kebutuhan (formasi) umum beserta penetapan kebutuhan (formasi) khusus bagi Instansi Pusat meliputi Jabatan Fungsional Tertentu beserta jabatan teknis lain yg merupakan tugas inti (core business) dari Instansi beserta mendukung Nawacita serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional.

Core business adalah sebuah aktivitas utama dari suatu organisasi. Sebagai contoj pengelolaan lapas merupakan aktivitas utama dari Kemenhunkam, sehingga Kemenhunkam diijinkan untuk merekrut formasi CPNS yg mendukung core business tersebut seperti Penjaga Tahanan. Berdasarkan analisis jabatan beserta analisis beban kerja Penjaga Tahanan kualifikasi pendidikan yg dibutuhkan adalah lulusan SMA.

Garis besarnya seperti itulah alur kebutuhan formasi untuk lulusan SMA sampai dengan suatu instansi bisa disetujui Kemenpan untuk merekrut lulusan SMA.

Dapat dipahami coba instansi daerah baik Pemprov maupun Pemkab/Kota dengan penerimaan CPNS tahun 2020 ini tidak mau membuka formasi lulusan SMA. Dibuktikan dari dokumen formasi CPNS beberapa Pemda yg sudah beredar hanya merekrut lulusan perguruan tinggi (minimal D3) untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan beserta tenaga teknis.

Tidak ada misalnya tenaga administrasi alias Satpol PP di mana sesuai analisis jabatan, kualifikasi pendidikan formasi tersebut bisa diambil dari lulusan SMA. Alasannya: formasi tersebut bukan jabatan prioritas beserta bukan formasi yg medukung core business.

Jadi alokasi bagi lulusan SMA untuk penerimaan CPNS Tahun 2020 didominasi Intansi Pusat (K/L) beserta formasi jabatan tidak mau jauh-jauh dari formasi dibawah ini:
  • Penjaga Tahanan (Kemenhunkam)
  • Pengawal Tahanan (Kejaksaaan Agung)
  • Pawang/Pelatih Anjing Pelacak (BNN)
  • Rescuer (Basarnas)
  • Kelasi/mualim/masinis (Kemenhub, Bakamla, KKP)
  • Penjaga Mecusuar/Pengamat Gunung Api (ESDM, Kemenhub)
Ikuti info menarik lainnya di bimbelcpnsdijogja.clogspot.com

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar