Skip to main content

Terlengkap Penerimaan Cpns 2020

Dipastikan seleksi penerimaan CPNS 2020 mau digelar kepada tahun ini. Pengumuman resmi nantinya mau disampaikan oleh Kemenpan RB. Penerimaan CPNS tahun 2020 mau diprioritaskan kepada tenaga di bidang pendidikan beserta kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Formasi CPNS 2020

Sampai saat ini Kementerian PANRB masih dalam proses validasi jumlah formasi CPNS 2020. Jumlah formasi yg dibuka berkisar kepada angka 220.000 untuk semua instansi baik pusat maupun daerah. Formasi adalah jumlah beserta susunan jabatan PNS (JA, JF beserta JPT) yg dibutuhkan satuan organisasi, ditetapkan dalam jangka waktu tertentu berdasarkan jenis, sifat beserta beban kerja.




Proses Penyusunan Formasi PNS
  1. Instansi Pusat beserta Daerah mengusulkan Formasi
  2. BKN, Kementerian LN memberikan pertimbangan teknis
  3. Menpan meminta pendapat ke Menteri Keuangan
  4. Menteri Keuangan memberikan pendpt ttg ketersediaan anggaran belanja pegawai
  5. Menpan memberikan persetujuan prinsip formasi
  6. Instansi Pusat beserta Daerah menyampaikan rincian tambahan alokasi formasi
  7. Menpan menetapkan Formasi PNS Pusat beserta persetujuan Formasi PNS Daerah

Tahapan Seleksi CPNS 2020

Pengadaan PNS di Instansi Pemerintah dilakukan berdasarkan kepada penetapan kebutuhan PNS beserta dilakukan secara berbahaya kebangsaan untuk menjamin kualitas PNS. Tahapan pengadaan CPNS di atur dalam PP No Tahun 2020 tentang manajemen PNS. Proses pelaksanaan pengadaan CPNS dari pelamar umum kepada tahun 2020 lalu melalui tahapan sebagai berikut:
  1. Pengumuman CPNS
  2. Pendaftaran CPNS
  3. Seleksi Berkas Administrasi
  4. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan CAT. 
  5. Pengolahan beserta Pengumuman Hasil SKD oleh Panselnas beserta diumumkan pula oleh instansi masing-masing secara online.
  6. Seleksi Kompetensi Bidang berbahaya (SKB) dilakukan menggunakan CAT beserta beroleh ditambah dengan tes lainnya sesuai dengan kebutuhan jabatan. Dalam hal instansi belum siap untuk melaksanakan seleksi kompetensi bidang menggunakan CAT, instansi beroleh melakukan minimal 2 (dua) bentuk tes, antara lain: tes praktik kerja (dengan materi beserta penguji yg berkompeten sesuai dengan kebutuhan jabatan), tes fisik/kesamaptaan, psikologis, kesehatan jiwa, beserta wawancara sesuai yg dipersyaratkan oleh Jabatan;
  7. Pengolahan hasil integrasi nilai SKD beserta SKB dilakukan oleh PANSELNAS dengan Bobot hasil integrasi nilai seleksi kompetensi dasar beserta seleksi kompetensi bidang yaitu : 40% : 60%.
  8. Pengumuman peserta yg dinyatakan lulus dilakukan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian berdasarkan hasil integrasi nilai Seleksi Kompetensi Dasar beserta nilai Seleksi Kompetensi Bidang dari PANSELNAS.

Infrastruktur

Diperkirakan jumlah pendaftar CPNS 2020 nantinya mencapai 8 hingga 10 Juta orang. Untuk mengantisipasi lonjakan traffik pendaftar, BKN sedia melakukan peningkatan kapasitas (upgrading ) laman resmi sscn.bkn.go.id. 

Dengan banyaknya pelamar baik pusat maupun daerah maka sebagai persiapan pelaksanaan SKD beserta SKB yg menggunakan computer assisted test (CAT), BKN mau menambah titik-titik lokasi SKD beserta SKB mau berada di 34 provinsi dengan memperhitungkan jarak beserta kendala transportasi peserta.

Diantaranya BKN sedang menjajaki kerja sama dengan BKD/BKPSDM/BKPP di seluruh provinsi, kabupaten, beserta kota yg memiliki fasilitas CAT. Selain itu penjajakan serupa dilakukan pula dengan pihak Kementerian Pendidikan beserta Kebudayaan yg memiliki fasilitas UKG beserta UNBK.

Kendala

Pengalaman pelaksanaan seleksi CPNS 2020 pertanyaan pendaftar CPNS yg paling banyak diajukan ke Helpdesk BKN adalah:
  1. NIK/KK tidak ditemukan, 
  2. Salah memasukkan data. 
  3. Syarat pendaftaran.
Perihal Nomor NIK beserta KK yg tidak terdaftar sebaiknya mulai sekarang calon pelamar CPNS  agar memastikan data kependudukannya terlebih berbahaya lepas dengan menghubungi nomor ataupun akun di bawah ini:


Sangat disarankan saat mendaftar di portal web SSCN agar menggunakan PC/laptop. Jika memakai smartphone ada fitur SSCN yg tidak kelihatan sehingga malah menyulitkan pendaftar. Ingat jangan sampai salah memasukkan data, pengalaman tahun kemarin data yg sudah masuk tidak beroleh diubah.

Sebelum mendaftar ke instansi yg dituju, pastikan sedia mempersiapkan beserta me-scan dokumen-dokumen yg diperlukan untuk pendaftaran.

Dokumen tersebut terdiri dari :
  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yg mau dilamar
Pendaftar harus memastikan jenis/type file (jpg/pdf) serta ukuran file yg mau diupload di sistem SSCN, karena sistem mau membatasi ukuran maksimal file yg bisa diunggah. Jika ukuran file melebihi dari ketentuan otomatis sistem mau menolak. Namun perlu diperhatikan juga kualitas hasil scan dokumen apakah bisa dibaca ataupun malah menjadi kabur. 

Hasil scan yg kurang jelas (atau file corrupted) mau merugikan pendaftar. Tahun lalu ada kebijaksanaan bagi pendaftar yg hasil unggah dokumennya tidak terbaca oleh sistem untuk meng-upload ulang.


Pemakaian aplikasi ataupun sofware yg tepat menjadi penting untuk beroleh menghasilkan ukuran file yg kecil namun dengan hasil yg masih bagus/jelas. Pilihan aplikasi untuk memperkecil ukuran file pdf banyak tersedia secara online, tinggal kreatifitas para pelamar CPNS untuk mencari beserta mencobanya.

Ikuti terus perkembangan CPNS 2020 di bimbelcpnsdijogja.clogspot.com.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar